Business Motor World (BMW)

Your Ad Here

Guide Adsense Sign Up


Auastralia Nurse Vacancies
Auastralia Job List
Auastralia Nursing Agencies
Chance Work In Australia
Hot Australia Nurse Job

Sunday, September 03, 2006

Sepeda Motor Listrik

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling dipilih setelah kenaikan harga BBM,kenapa tidak sejak dinaikkanya BBM,semua angkutan Umum yang biasa digunakan sehari-hari naik drastis,hal ini menyebabkan peningkatan anggaran biaya transportasi bagi para pekerja yang biasanya mengunakan Bis,taksi maupun ojek, Hal inilah yang menyebabkan kendaraan roda dua menjadi pilihan masyarakat.

Keadan ini pula ternyata terbaca oleh para mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya bekerjasama dengan mahasiswa ITS 10 Nopember Surabaya yang merasa prihatin menyikapi kenaikan harga BBM,maka merekapun menciptakan sepeda motor bertenaga listrik sebagai tenga alternative dari BBM yang disinyalir akan habis 20 tahun mendatang, alangkah menyenangkan jika mereka mampu menciptakan sepeda motor bertenaga udara, karena sumber udara tak akan habis-habisnya walapun dihirup tiap hari,jadi bisa lebih murah lagi dan mudah didapat dimana-mana . Menurut ketiga pengagasnya yaitu Yasikurun, M. Adi Jatmiko dan M. Yusuf,mereka menjelaskan bahwa Sepeda Motor Listrik (SML) ini mengubah motor pengerak AC( induksi) yang semula tiga phase menjadi sembilan phase dengan tujuan agar tidak mengairkan setrum yang membahayakan manusia.
Listrik power supply mengunakan listrik jenis aki 72 volt dengan memakai enam buah aki 12 volt yang dipasang secara seri,mereka juga mengunakan inferter untuk mengatur kecepatan motor penggerak. Cara kerjanya sangat sederhana yaitu tinggal menekan tombol yang ada dispedometer dan mematikannyapun juga sama yaitu tinggal tekan tombol itu juga. Jika baterai telah habis dapat discharge dan dibutuhkan waktu 1 jam untuk mendinginkan baterai sebelum digunakan lagi .

Menurut dewan pengembangan PENS-ITS Ir. Nonot Harsono MT,menegaskan bahwa sebagaian dari 240 mahasiswa PENS-ITS dari empat jurusan (elektronik,teknik industri, telekomunikasi, dan elektronik industri) yang diikutsertakan dalam pameran TA.

Meskipun hasil karya mereka masih kelihatan sederhana,setidaknya bentuk kepedulian mereka sangat harus kita hargai sebagai seorang calong teknologi bangsa kita sendiri, kalau tidak kita siapa lagi,tentunya masih dibutuhkan keterlibatan sponsor untuk bisa menyempurankan hasil kerja mereka.
Terima kasih para masiswa yang berkreativitas, tingkatkan prestasimu agar tidak ketingalan sama bangsa lain,majulah indonesiaku.
(disadur dari media Indonesia on-line,dengan mengunakan bahasa sendiri tanpa mengurangi makna dan tujuan dari penulis)

1 Comments:

At 4:05 AM , Blogger Admin said...

Pingin tau lebih jauh tentang sepeda motor listrik?

Sejak tanggal 31 Juli 2007 telah hadir milis MotorListrik@yahoogroups.com. Masih tergolong muda sih, tapi telah diikuti oleh puluhan member dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan para vendor sepeda motor listrik di Indo pun telah bergabung.

Jadi sekarang ada tempat yg tepat untuk sekedar bertanya2, berbagi pengalaman antar pengguna dari berbagai merek, sekedar cari spec or lihat foto-foto.

Seluruh supplier motor listrik di Indo juga sdh menjanjikan akan
memsupply seluruh materi yg diperlukan untuk kita secara bertahap. So, kita bisa dengan tenang compare dgn fair kesemua brand yang ada, tanpa pake bensin dan abis waktu ke sana sini pulak :D Asyik toh? Mungkin ke depan kita juga bisa menjajaki materi gathering utk test drive barang2
baru.

Disamping itu milis ini juga diharapkan dapat mempercepat pengembangan motor listrik, karena sekarang masing2 vendor masih terlihat berjalan sendiri-sendiri.

Sekedar info, motor listrik terkini yg tersedia di Indonesia telah bisa mencapai jarak tempuh 60km dengan kecepatan 60km/jam serta dilengkapi dengan rem cakram dan lampu lengkap seperti layaknya motor, dengan pekerjaan body sehalus Vario. Surprise? :D Ya.. kita tentu masih mengharapkan berbagai inovasi baru yang lebih dari itu tentunya.

Last but not least, let's save our earth! Moga-moga ini adalah salah
satu kontribusi kita utk memperlambat lelehnya kutub utara & selatan ;) Yang penting kita melakukan apa yg bisa kita lakukan sekarang, sekecil apa pun itu. Kalau belum berhasil juga, yuk mari ramai2 belajar renang :D

Jika minat cari tahu lebih banyak tentang sepeda motor listrik dan minat gabung cukup kirim imel kosong ke MotorListrik-subscribe@yahoogroups.com

Salam udara yang lebih bersih :)

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home


________________________________________________________________________________________
I  Public Health And Safety  I Australia Nursing Job  I NCLEX Test  I Middle East Nurse Job  I Easy Shopping  I Motors And Cars  I Business And Motivation  I Nursing agency  I Nursing Career  I Nurse In- Flight Job  I World Travel  I Tale And Story  I Blog Tip  I By NURSINGACTIVITY.BLOGSPOT.COM  I Free Adsense Sign UP  I Best Business Online  I Nursing Books Info  I
_______________________________________________________
Power By © Nurse Weblog